Selamat Datang di Website SMAN 1 PURWAKARTA
(0264) 200025

Anak Malas Belajar? Atasi Dengan 4 Cara Ini

Banyak orang tua yang resah dan khawatir jika anak enggan mengerjakan tugas sekolahnya, hingga berpikir bila mereka malas belajar. Bunda punya masalah dengan anak yang sulit atau enggan belajar? Bila iya, tak perlu bingung atau langsung panik. Sebab masa kanak-kanak memang berbeda-beda, ada yang sangat aktif, gemar belajar, tapi ada juga yang terkesan tak mau belajar.

Nah, agar buah hati tak susah diajak belajar, berikut cara yang bisa Bunda lakukan:

1. Bimbing dan Temani Saat Belajar
Sesibuk apa pun Bunda, usahakan dan sempatkanlah untuk selalu mengingatkan anak perihal pentingnya belajar dan manfaatnya belajar. Jangan hanya memerintahkan anak untuk belajar saja, Bunda pun sebagai orang tua sebaiknya mendampingi anak saat belajar. Dengan begitu, anak akan menjadi merasa lebih diperhatikan oleh orang tuanya dan akan mempengaruhi psikologinya. Perhatian Bunda juga bisa mendorong anak untuk lebih semangat lagi belajar, dan menunjukan dirinya sebagai anak Bunda yang hebat jika mau rajin belajar.

2. Buat Suasana Belajar Sambil Bermain
Bagi Bunda yang memiliki anak sulit untuk diajak belajar, coba untuk membuat suasana belajar sambil bermain agar anak tidak merasa tegang dan bosan. Misalnya, ajak anak belajar menghafal huruf-huruf dengan karaoke bersama, lalu menghitung dengan game-game yang ada di gadget, atau mewarnai dan menggambar. Dengan fun seperti itu anak jadi tidak menganggap belajar itu menakutkan.

3. Berikan Buku atau Sarana Belajar yang Menarik
Jangan hanya membelikan anak-anak mainan saja. Cobalah untuk membelikan anak buku-buku atau sarana belajar yang mampu menarik perhatiannya, membuat mereka jadi ingin belajar, dan bersemangat untuk belajar. Contohnya, belikan anak buku-buku mewarnai, menggambar, atau membaca juga berhitung dengan buku yang ada tokoh karakter kartun kesukaannya.

4. Beri Anak Reward
Ini bisa juga menjadi cara yang ampuh supaya semangat anak Bunda semakin menggebu untuk belajar. Ya, bujuk dan beri penjelasan juga pengertian pada anak dengan sebuah pujian dan juga reward.

Reward di sini ialah dengan cara memberikannya hadiah dengan syarat, contohnya Bunda bisa katakan ini, “Kakak kalau mau belajar dan rajin belajar, Mama dan Papa akan belikan mainan atau robot yang Kakak suka. Ayo semangat belajarnya ya, Nak!” Dengan begitu tertanam dipikiran si anak untuk lebih semangat dan mau belajar agar mendapatkan hadiah yang Bunda janjikan.

Nah, bagaimana tidak sulit bukan? Jika Bunda sebagai orang tua sudah atau akan melakukan keempat poin di atas, jangan melupakan nutrisi yang juga harus anak dapatkan dan Bunda berikan sebagai orang tua melalui asupan nutrisi seperti susu.

Bunda bisa memberikan buah hati tercinta untuk minum susu DANCOW FortiGro agar dapat membantu asupan nutrisinya dan tumbuh kembangnya.

DANCOW FortiGro dengan Excelnutri+ merupakan inovasi dari Nestle Research Center, untuk membantu lindungi anak usia sekolah yang memiliki aktivitas padat serta proses belajar yang semakin aktif. Disertai dengan nutrisi FortiGro, yaitu protein, kalsium, zat besi, dan zink, sehingga mendukung anak untuk siap sekolah.

 

sumber: http://health.liputan6.com/read/2842354/anak-malas-belajar-atasi-dengan-4-cara-ini?source=search

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *